Kamis, 23 Januari 2014

Argo Bromo Anggrek GO GREEN

7df6bddafcc12dfead7ad708c5046c13_argo-2 SALAM untuk para Railfans Indonesia! pecinta kereta api setia. Railfans mana sih yang tidak kenal dengan kereta satu ini. Kereta yang pada masa kini paling elite di Indonesia, long distance dengan jarak tempuh lebih dari 700 km dengan tujuan Jakarta-SurabayaPP. Dulu sih gerbong kereta ini warna merah muda dipadukan dengan namanya sendiri dari "Bunga Anggrek" yang ber ciri khas warna pink. Kali ini ber evolusi menjadi warna hijau dengan sebutan "Go Green" yang dilambangkan dengan gambar daun yang berwarna hijau. Kereta yang mempunyai ciri khas gerbong yang berbeda serta interior khusus dan juga mempunyai bogie jenis terbaik juga terbaru. ini merupakan juga salah satu kereta favoritku. keren deh pokoknya!


KA Argo Bromo Anggrek yang juga dikenal dengan KA JS 950 diluncurkan pada 31 Juli 1995 oleh mantan Presiden Soeharto. Rangkaian kereta dengan nomor KA 1 hingga KA 4 ini selalu didahulukan setiap perjalanannya. Kereta itu mulai dioperasikan pada 24 September 1997. Angkutan dari Jakarta (Stasiun Gambir) menuju Surabaya (Stasiun Pasar Turi) ini sempat diapresiasi sebagai penanda perkembangan teknologi kereta api di Indonesia. Bahkan juga disebut sebagai embrio teknologi nasional. Sebutan Anggrek untuk menandai adanya variasi dari produk sebelumnya sehingga eksterior kereta dipadukan warna pada bunga anggrek. Sedangkan kata Bromo berasal dari nama salah satu gunung yang berada di wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur.

Kereta api eksekutif ini mampu menempuh perjalanan sepanjang 725 kilometer dengan waktu tempuh sembilan jam melalui lintas utara. KA Argo Bromo Anggrek itu dengan kapasitas 400 kursi terdiri atas delapan rangkaian kereta api kelas eksekutif. Kereta hanya berhenti di Stasiun Pekalongan dan Semarang. Untuk mencegah guncangan, kereta api K9/ CL243 bolsterless ini menggunakan sistem suspensi ganda berupa conical rubber bounded dan air spring (pegas udara). Tidak hanya itu, ini juga dilengkapi vertical & horizontal shock absorber. Dengan banyaknya fasilitas yang ditawarkan kereta api ini, tidak heran banyak masyarakat yang memilih memanfaatkan kereta tersebut. Tapi Argo Anggrek kembali menjadi pembicaraan karena hal yang tragis. Pada Sabtu (2/10) kereta api Argo Anggrek jurusan Jakarta-Surabaya menabrak kereta api Senja Utama jurusan Semarang. Saat itu Kereta Senja Utama Semarang sengaja berhenti untuk memberi kesempatan Kereta Argo Bromo Anggrek melaju lebih dahulu.

06ff08f376683ed6e147c892ce2a49d3_gif-9Namun, Argo Anggrek justru menabrak Senja Utama hingga gerbong belakang keluar jalur. Akibatnya, gerbong 9, 8, dan 7 kereta api Senja Utama ringsek. Sebanyak 36 penumpang tewas dan polisi menetapkan tersangka yaitu masinis kereta Argo Bromo Anggrek. Masinis itu dinilai lalai karena mengantuk. Pakar transportasi menilai buruknya transportasi kereta api di Indonesia akibat kurangnya kepemimpinan. Ada 30 komite di kementerian perekonomian. Tidak ada yang membuat eksekusi, kata Harun al Rasyid S Lubis, Pakar Ilmu Transportasi ITB. Menurut Harun, pemerintah dan instansi terkait sebenarnya sudah tahu petunjuk pelaksanaan dan rekomendasi pencegahan bencana transportasi. Namun, peristiwa seperti pesawat jatuh, kapal tenggelam dan tabrakan kereta menjadi penanda usang kebijakan yang ada tidak diterapkan sama sekali. Ini menunjukkan ada manajemen yang salah. Semua pihak sebenanrya sudah tahu apa yang harus mereka lakukan, namun tidak melaksanakannya. Oleh karena itu, kita perlu kepemimpinan yang tegas. Sayangnya siapa yang mau melakukannya, kata Harun lagi. Soal transportasi, teknologi Kereta Api Argo Bromo Anggrek timpang dibandingkan negara lain. Jepang misalnya telah membangun kereta tercepat di dunia yang bergerak secara magnetis di atas rel dengan menyusuri jalur antara Tokyo dan Nagoya. Proyek ambisius ini memakan biaya US$56 miliar (Rp545 triliun) hingga 2025. Meskipun begitu, direktur eksekutif Institut Transparansi Kebijakan Arif Hidayat mengatakan bahwa Indonesia masih punya kesempatan untuk mengejar ketinggalan, walaupun butuh waktu dan biaya besar.

Salam Railfans! With :
8c6b3bb73cbbd86ae9394438360951f5_argo-bromo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar