Doap Operasi di Indonesia dibagi menjadi 9 tempat, dan jika mau
mengenal Daop-daop yang ada di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa bisa
baca sekilas dibawah ini.
Daerah Operasi I Jakarta merupakan Daerah Operasi
dengan wilayah yang terbentang dari Stasiun Merak di Provinsi Banten
sampai dengan Stasiun Cikampek di Provinsi Jawa Barat melintasi
stasiunstasiun di wilayah Provinsi DKI Jakarta
Dengan
jangkauan operasi sepanjang 608 km sepur Daop 1 Jakarta memiliki
keistimewaan dibanding Daop lain diantaranya frekuensi KA padat, volume
penumpang besar, sehingga harus lebih berkonsentrasi kepada multiproblem
untuk memenuhi ketertiban, kenyamanan dan kepuasan para pengguna jasa,
oleh sebab itu dibutuhkan upayaupaya penyelesaian permasalahan seperti
pedagang kaki lima, free riders, penumpang di atap, asongan dll.
Daerah Operasi II Bandung atau disingkat dengan DAOP 2 Bandung adalah salah satu daerah operasi perkereta-apian Indonesia, di bawah lingkungan PT Kereta Api (Persero)
yang berada di bawah Direksi PT Kereta Api (Persero) dipimpin oleh
seorang Kepala Daerah Operasi (KADAOP) yang berada di bawah dan
bertanggung jawab kepada Direksi PT Kereta Api (Persero).
Daerah Operasi II Bandung memiliki tiga stasiun besar, di antaranya adalah stasiun Bandung,
stasiun Kiaracondong dan stasiun Tasikmalaya, sedangkan stasiun kereta
api kelas menengah di antaranya adalah stasiun Padalarang, stasiun
Cipeundeuy, stasiun Ciamis, dan stasiun Banjar. Gudang kereta api berada
di stasiun Bandung, sedangkan dipo lokomotif berada tak jauh dari stasiun Bandung.
Daerah Operasi III Cirebon atau disingkat dengan DAOP 3 Cirebon adalah salah satu daerah operasi perkereta-apian Indonesia, di bawah lingkungan PT Kereta Api (Persero)
yang berada di bawah Direksi PT Kereta Api (Persero) dipimpin oleh
seorang Kepala Daerah Operasi (KADAOP) yang berada di bawah dan
bertanggung jawab kepada Direksi PT Kereta Api (Persero). DAOP III
Cirebon juga merupakan satu-satunya DAOP yang memiliki KA dengan
okupansi tertinggi, yaitu Cirebon Ekspress. Sedangkan untuk Argo Jati
menempati posisi ke-3. Daerah Operasi III Cirebon memiliki tiga stasiun besar, di antaranya adalah stasiun Cirebon, stasiun Jatibarang dan stasiun Prujakan, sedangkan stasiun kereta api kelas menengah di antaranya adalah stasiun Ciledug, stasiun Brebes, stasiun Haurgeulis, dan stasiun Pagadenbaru. Gudang kereta api berada di stasiun Jatibarang, sedangkan dipo lokomotif berada tak jauh dari stasiun Cirebon.
Daerah Operasi IV Semarang atau disingkat dengan DAOP 4 Semarang adalah salah satu daerah operasi perkereta-apian Indonesia, di bawah lingkungan PT Kereta Api (Persero)
yang berada di bawah Direksi PT Kereta Api (Persero) dipimpin oleh
seorang Kepala Daerah Operasi (KADAOP) yang berada di bawah dan
bertanggung jawab kepada Direksi PT Kereta Api (Persero).
Daerah Operasi IV Semarang memiliki enam stasiun besar, di antaranya
adalah stasiun Semarang Tawang, Stasiun Semarang Poncol, Stasiun
Pekalongan, Stasiun Tegal, Stasiun Bojonegoro dan Stasiun Cepu,
sedangkan stasiun kereta api kelas menengah di antaranya adalah Stasiun
Kedungjati, Stasiun Gambringan, Stasiun Weleri, Stasiun Comal dan
Stasiun Pemalang. Gudang kereta api berada di Stasiun Semarang Poncol,
sedangkan dipo lokomotif berada tak jauh dari Stasiun Semarang Poncol.
Daerah Operasi V Purwokerto atau disingkat dengan DAOP 5
Purwokerto adalah salah satu daerah operasi perkereta-apian terluas di
Indonesia, di bawah lingkungan PT Kereta Api (Persero)
yang berada di bawah Direksi PT Kereta Api (Persero) dipimpin oleh
seorang Kepala Daerah Operasi (KADAOP) yang berada di bawah dan
bertanggung jawab kepada Direksi PT Kereta Api (Persero).
Daerah Operasi V Purwokerto memiliki beberapa stasiun besar, di
antaranya adalah stasiun Purwokerto, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Kroya,
dan Stasiun Cilacap, sedangkan stasiun kereta api kelas menengah di
antaranya adalah Stasiun Kebumen, Stasiun Gombong, Stasiun Sumpiuh,
Stasiun Maos, Stasiun Bumiayu, Stasiun Prupuk, Stasiun Karanganyar dan
Stasiun Slawi. Gudang kereta api berada di Stasiun Purwokerto, sedangkan
dipo lokomotif berada tak jauh dari Stasiun Purwokerto.
Daerah Operasi VI Yogyakarta atau disingkat dengan DAOP 6
Yogyakarta adalah salah satu daerah operasi perkereta-apian terluas di
Indonesia, di bawah lingkungan PT Kereta Api (Persero)
yang berada di bawah Direksi PT Kereta Api (Persero) dipimpin oleh
seorang Kepala Daerah Operasi (KADAOP) yang berada di bawah dan
bertanggung jawab kepada Direksi PT Kereta Api (Persero). Daerah Operasi
VI Yogyakarta memiliki beberapa stasiun besar, di antaranya adalah
stasiun Yogyakarta.
Daerah Operasi VII Madiun atau disingkat dengan DAOP VII MN adalah salah satu daerah operasi perkereta-apian Indonesia, di bawah lingkungan PT Kereta Api
(Persero) yang berada di bawah Direksi PT Kereta Api (Persero) dipimpin
oleh seorang Kepala Daerah Operasi (Kadaop) yang berada di bawah dan
bertanggung jawab kepad
a Direksi PT Kereta Api (Persero).
Daerah Operasi VII Madiun terbentang dari barat berada di Stasiun
Walikukun, Ngawi sampai timur yaitu Stasiun Curahmalang, Jombang dan
sebelah selatan yaitu Stasiun Rejotangan, Tulungagung. Stasiun besar di
wilayah Daop VII adalah Stasiun Madiun, Stasiun Kediri, Stasiun
Kertosono, dan Stasiun Jombang. Dipo Lokomotif di wilayah Daops VII yakni Dipo Lokomotif
Madiun (MN) yang berada dalam kompleks Stasiun Madiun yang melayani
kereta komuter Madiun Jaya. Terdapat dua sub dipo lok, yakni pada
Stasiun Kertosono dan Stasiun Kediri. Sub Dipo Lokomotif Kertosono
melayani lokomotif KA Bangunkarta, sedangkan sub dipo lokomotif Kediri
melayani lokomotif KA.Senja Kediri, KA.Kahuripan, dan KA.Brantas. Dulu
terdapat persilangan rel yang menuju ke Slahung, Ponorogo akan tetapi
pada tahun 1996 rel tersebut telah di bongkar. Didaerah operasi 7
Madiun inilah terdapat pusat industri kereta api INKA yang merupakan industri kereta api satu-satunya di Indonesia sampai Asia Tenggara.
Daerah Operasi VIII Surabaya atau disingkat dengan DAOP VIII SB adalah salah satu daerah operasi perkereta-apian Indonesia, di bawah lingkungan PT Kereta Api
(Persero) yang berada di bawah Direksi PT Kereta Api (Persero) dipimpin
oleh seorang Kepala Daerah Operasi (Kadaop) yang berada di bawah dan
bertanggung jawab kepada Direksi PT Kereta Api (Persero). Kantor PT. KAI
DAOP VIII SB bersebelahan dengan Stasiun Surabaya Gubeng baru.
Stasiun besar di wilayah Daop VIII antara lain Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasarturi, Stasiun Surabaya Kota/Semut, Stasiun Blitar, Stasiun Malang, Stasiun Lamongan dan Dipo Lokomotif terbesar yakni Dipo Lokomotif Sidotopo (SDT) yang berada dalam kompleks Stasiun Sidotopo. Terdapat dua sub dipo lok, yakni pada Stasiun Surabaya Pasarturi
dan Stasiun Malang. Sub Dipo Lokomotif Pasarturi melayani lokomotif KA
Argo Bromo Anggrek, Sembrani, Gumarang, Rajawali, Kertajaya, KRD
Bojonegoro, KRD Babat, KA Barang dan unit KRD Komuter Sulam. Sementara
Sub Dipo Lokomotif Malang melayani lokomotif KA Gajayana, Malabar,
Senja Kediri Matarmaja dan Penataran.
Daerah Operasi IX Jember atau
disingkat dengan DAOP IX JR adalah salah satu daerah operasi
perkereta-apian Indonesia, di bawah lingkungan PT Kereta Api Indonesia
(Persero) yang berada di bawah Direksi PT Kereta Api Indonesia
(Persero) dipimpin oleh seorang kepala Daerah Operasi (Kadaop) yang
berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Direksi PT Kereta Api
Indonesia (Persero). Daop IX merupakan wilayah kerja PT KAI yang berada
di ujung timur Pulau Jawa dan berpusat di Jember.
Stasiun besar di wilayah Daop IX adalah Stasiun Jember dan Dipo Lokomotif
terbesar yakni Dipo JR yang berada dalam satu kompleks stasiun.
Terdapat dua subdipo lok, yakni pada Stasiun Probolinggo dan Stasiun
Banyuwangi Baru. Sub-dipo PB melayani lokomotif KA Probowangi,
sementara Sub Dipo Banyuwangi melayani lokomotif-lokomotif milik dipo
lain atau milik Dipo Jember sendiri pascadinas dengan KA Mutiara Timur,
KA Tawang Alun, KA Sri Tanjung, KA Pandanwangi, dan KA Probowangi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar