
Di lintas utara diunggulkan KA Argo Bromo Anggrek,
maka di lintas selatan ada KA Bima. Termasuk KA unggulan, karena memang
Bima adalah satu-satunya KA eksekutif yang beroprasi di lintas selatan
koridor Surabaya-Jakarta. Dalam pengoperasiannya, KA bima mamang sarat
akan rekor. KA Bima merupakan KA eksekutif pertama di Indonesia juga
merupakan KA fasilitas pendingin AC pertama di Indonesia. Selain itu
Bima memegang rekor satu-satunya KA yang memiliki fasilitas tempat
tidur. Rekor ini belum terpecahkan hingga sekarang.




Kelas KA Bima
Di awal pengoperasiannya, KA Bima dilengkapi dengan kereta berfasilitas tempat tidur (couchette)
dan eksterior kereta yang sengaja dicat dengan warna biru. Sejak
tanggal 9 Juni 1990 KA Bima mengalami perubahan interior menjadi kereta
kelas eksekutif dengan tetap dilengkapi fasilitas pendingin ruangan
(AC) dengan menghapus fasilitas kereta bertempat tidur. Perubahan
layanan dilakukan lagi sejak tanggal 1 Agustus 2002 dengan mengganti
rangkaian kereta api Bima dengan rangkaian kereta api sekelas Argo
dengan kapasitas angkut sebanyak 400 orang (membawa rangkaian 8 kereta
kelas eksekutif). Rangkaian KA Bima terdiri dari 8 kereta kelas
eksekutif argo (K1), 1 Kereta Makan (KM1), 1 Kereta Pembangkit Listrik
(P), dan 1 Kereta Bagasi (B).


KA 33
Jam Keberangkatan SGU : 18.15 WIB
Jam Tiba GMR : 06.24 WIB
KA 34
Jam Keberangkatan GMR : 17.00 WIB
Jam Tiba SGU : 05.15 WIB
INFO KA Eksekutif BIMA
Kelas
|
Argo
|
Status
|
Beroperasi
|
Lokal
|
Daop 1 Jakarta
|
Stasiun
|
Surabaya Gubeng
|
Terminus
|
Stasiun Gambir
|
Jumlah Stasiun
|
12
|
Rute Pelayanan
|
1
|
Nomor KA
|
33-34
|
Dipo
|
JNG
|
Lokomotif
|
201,203,206
|
Jarak Tempuh
|
825 km
|
Kecepatan Operasi
|
60 s.d 100 km/jam
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar